Minggu, 05 Mei 2013

Kitab Panutan


Kitab Panutan ( penutup )

Dalam mendapatkan petunjuk  ada  persamaan nya misalnya  dalam Rasa ( krenteg ) yaitu Rasa yang tiba-tiba muncul dari Rasa yang paling dalam .
Bukan  Rasa dari olah pakarti dan panca idra .  Rasa itu akan sama dan bisa nunggal rasa , bisa sambung rasa dengan rasa kadhang lainnya , dapat  juga  bisa dikatakan dawuh Urip.

Misalnya A ingin mengikuti Rasa ketemu  kadhang B , maka  kadhang B  akan sambung rasanya dengan kadhang A. dalam kenyataanya kalau kadhang B tidak ada dawuh dari Urip nya , maka segala kegiatan kd B , misalnya  akan keluar, tidak jadi keluar , diperingatkan oleh apa  yang disebut kitab alam semesta ( adamakna ) .

Jadi setiap Rasa ( krenteg ) tidak usah ragu , jalankan saja , nanti akan  ada  pendukung untuk  mewujudkan Rasa   (  krenteg ) tadi .

Bisa dicoba , …… hanya berlaku untuk kadhang putro yang sama-sama laku panca gaib.                                   Ha.ha ……kaya …Undangan .
Ini dimaksudkan untuk memudahkan pembuktiannya , kalau dengan orang lain   , bisa benar dan bisa salah .

Karena apa ?
Ya…. karena bukan kadhang , bukan sama-sama  Putro Romo , belum  sambung rasanya Itu bisa disebutnya dengan ( ngetut ke Rasa ) mengikuti Rasa .

Rasa yang mana yang harus di ikuti ?
Sebagai pedoman untuk mengikuti Rasa , adalah Rasa yang timbul , tidak dari olah pakarti dan panca indra . Tetapi Rasa yang timbul dari Rasa Jati yang paling dalam Rasa ( krenteg ).

Dalam menentukan apakah Rasa Jati atau bukan , kalau yang dibuat  pertimbangan budi pakarti lan panca-indra , tidak akan ketemu , karena  bedanya sangat tipis sekali , ibarat besarnya  hanya seperempat nya helai rambut.( sarambut pinara sasra ).

Konsep ( Rasa / krenteg ) bisa dibuat sebagai Kitab Panutan
( Sumber :  Gosok-ginosok  Pagelaran Togog Mlaku Mundur Sasono- Inggil Yogya )

Rahayu,..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...