Senin, 12 Maret 2018

Tugas Putro Romo Herucokkro Semono



Rahayu,.

Apa tugas Putro romo /manusia  hidup di dunia ?


Tidak dijelaskan wulang-wuruk oleh Romo Herucokro tugas Putro romo dalam menjalani kehidupan di dunia.
Namun demikian dapat kita cari dalam Tembang “ Kinanti Lobong “  yang selalu ditembangkan oleh Romo Herucokro sewaktu masih hidup .
Pada bagian yang pertama disampaikan ::  ………kang gumelar                                                           ngalam  iki , mangertiô jenengsirô , kang murbô amisésô  Sang  hyang Mônô jati jekti.

Artinya : Semua yang ada di jagad raya , yang punya kuasa adalah Sang hyang Mônô             ( tunggal ) yaitui Gusti Ingkang Moho Suci / Tuhan YME.
Pada bagian kedua :  Karsamé hyang Romo Prabu mbéngkas durmalanéng bumi  kari éndang lan satriyo …………

Yang artlnya  : Keinginan nya adalah memberantas penyakitnya bumi , tinggal Putrô yang utômô menjadi benih untuk keramaian dan kedamaian bumi .

Pada bagian ketiga : ……… pirengnô sabdèng son niki ôjô pôdhô was sumelang  , éngsôn jangkung rinô-wengi  , son emban son gendômg sirô tan pisah sarékmô . Sirô ingsun jekti siji .
Yang artinya dalam melaksanakan tugas tersebut tidak boleh ragu-ragu karena selalu didampingi .
Dapat disimpulkan bahwa tugas Putro romo adalah  menjadi Satriyo utomo  membrantas angkara murka yang merusak demi lestarinya bumi dan semua kehidupan di bumi .
Rahayu,..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...