Sabtu, 13 Oktober 2012

Mengendalikan Tri Tunggal


Rahayu ,

Mengendalikan   Tri Tunggal :

Pangandikan  Romo :

Tri Tunggal iku anane ora ning njobo tapi ning njero, ora adoh saka matane ning ing candra suryane, dene tak umpamake bathara brama tan pinuju pikiran sing waras tan pinangen-angen gede pamrih pangarep-arep anggone lelakon,  mulo lungguhing mata kabeh saben ndelok gebyaring mesti ngujakake pepengen, kuwi ora carane putro …….    (  Catatan  Renungan kd. Arum Ono )

Dalam bahasa Indonesia  :
Tri  Tunggal itu adanya di dalam , tidak diluar ,  tidak jauh dari Indera mata , bisa diumpamakan dalam pewayangan Bathara Brama . Kalau lagi merasakan ketentraman     ( pikiran waras ) tidak mempunyai keinginan yang muluk-muluk , karena  Indera mata selalu  mengakibatkan keinginan.
Menuruti semu apa yang diihat Indera mata dapat dikatakan  bukan   Lakunya Putro Romo .

Disini pemahamannya lebih ditekankan pada mengurangi keinginan , yang diakibatkan  dari penglihatan atau mengurangi  nafsu yang diakibatkan penglihatan.
Seseorang laku  bisa  menjadikan  tentram  jika   tidak memikirkan apa-apa , tidak mempunyai keinginan yang muluk-muluk dari lakunya , dapat diartikan “ Nrima           ( menerima apa adanya ).
Dapat disimpulkan Putro Romo tidak harus terpenuhi semua keinginannya, tetapi  harus menerima kenyataan apa adanya.
 
Pangandikan  Romo :

 …….. Kae anane syah hyang syiwa sumeleh ono ning kuping , amerga kuping kuwi tan ora bisa tinutup kaya mata mau , kabeh suara sing mlebu mau amerga gede angen-angene rumangsana wis becik akhire yen miturut pikire ora nalar malah marahi amarah, minangka amarah iku iso dadi apik yen pas papane ora di pas-pasne ing papan, rumangsane naga sasangka kae ora iso mati, nyatane nekad gelem mertapa ning kawah candradimuka kobong sak awake nuruti bujukane si lelana, selain pinter nalare uga kudu pinter numpaki amarah kanthi telaten lan titi, ngono iku baru separo putro urung utuh amerga iki sing marai para putro ajar titis den katon waskita, ….…….                
 (  Catatan  Renungan kd. Arum Ono )


Dalam bahasa Indonesia :
…….Sang Hyang Syiwa , itu  keberadaannya di Indera pendengar . Indera pendengar tidak bisa menutup  sendiri seperti Indera mata . Semua suara bisa masuk , sebab berisikan suara yang indah , keinginan yang muluk-muluk dan  semuanya baik  , pada akhirnya kalau keinginan  tidak mungkin bisa diwujudkan , akan membuat emosional ( marah ) . Rasa emosional untuk  mewujudkan keinginan itu baik asalkan ada kekesuaian .
Dikira Nogosasongko tidak bisa mati, dalam kenyataannya kalau mau  masuk di Kawah Cadradimuko , bisa lebur karena bujukan Si Lelono . Selain pinter bisa mengedalikan emosional  dengan , Sabar dan Teliti dan Hati-hati , itu dapat dikatakan  , setengah Putro  belum seutuhnya karena laku Titis putro masih mengharapkan  terwujud kawaskitan  / ingin pintar .

Pemahaman :
Baru dapat dikatakan Setengah Putro ,  kalau laku Putro dapat membatasi semua keinginan , menempatkan keinginan sesuai dengan keadaan , bisa mengendalikan emosional atau amarah , dengan berbagai upaya , Wasis atau pandai , laku Sabar , Hati-hati dan Teliti.
 

Pangandikan  Romo :

…..  lambe lenggahing wisnu, wisnu ya wijaya, wisnu ya kresna sing pinter gunake irunge lan lambene, yen ngasi iso lerem tan kaya sautane godhong wit sekar terate wektu angin agenge sak sepiro, ora perlu ketutan oyote sanadyan cendhak tapi akeh lan nanjem opo perlu nduwurne uwit ??, ora nyatane yo Urip !!!, opo yen putrane ROMO ora katon putro ROMO terus bakal mati ??,ora jawabku, matane kudu melek !!, kupinge kudu dijejerke, tambah irunge jejeg !!, ora usah ndangak-ndangak ora pantese manungsa urip !!!, lambene wis wayahe dilungguhne sak pepaese, ora perlu ngakehne kulo mbanjur ngalekake Ingsun, wis wayahe sinau, sinau jatine dewe, jatine dewe kudu digelarke miturut lembare dewe-dewe, kae sing kosong perlu diisi, sing sisih kana kae amerga bab iku rada linuwih ya kana diratakne, degane wayahe dipecah nadyan katon ijo ning ora ngapoki, ora nguciwakne yen dirahapi". (  Catatan  Renungan kd. Arum Ono )

Dalam bahasa Indonesia :

……Wisnu atau Wisnu wijaya atau Kresno , adalah sosok pewayangan yang pandai dalam hal bicara dengan menggunakan Indra mulut dan Indra hidung , bisa jadi tenang , tentram seperti perkataan nya Bunga Teratai , biarpun angin besar tidak akan tersapu , biar  akarku  pendek tetapi banyak dan kokoh .
Apa berkeinginan menjadi  pohon yang tinggi ?  , kenyataan nya tidak .  Apa Putro Romo tidak  kelihatan , disanjung-sanjung atau tidak diakui  Putro  Romo lalu akan mati ?... tidak jawabku .
Indra mata harus bisa melihat , Indera pendengar  harus siaga  , Indera pencium harus berada semestinya tidak harus menghadap keatas itu tidak pantas untuk  manusia hidup .
Mulut sudah waktunya untuk diam tidak bicara, tidak perlu banyak bicara. Banyak bicara malah mengakitbatkan lupa dengan Tuhan ( Ingsun  ) .
Sudah waktunya belajar , belajar dengan diri pribadi, pengetahuan pribadi dijabarkan sendiri-sendiri. Lebaran yang kosong perlu diisi, karena ada sesuatu hal yang kelebihan , perlu untuk  dilakuan pemeratakan .
Kelapa muda nya sudah waktunya di pecah, biar kelihatan hijau tapi menyenangkan untuk dibuat hidangan .

Dapat diambil maknanya  :
Mulut pandainya cuma bicara , jangan terus menerus bicara, akan mengakibatkan lupa pada Urip ya  , Gusti Ingkang Moho Suci . Putro Romo  tidak harus menjadi orang yang tinggi , Pemimpin , Pejabat , biarpun jadi orang pendek atau biasa , tetapi kokoh, tidak mudah tersapu angin . Harus bisa meletakan sesuatu , permasalahan  , pendapat, dan lain-lain nya sesuai dengan kebenaran yang sejati , dapat menempatkan  persoalan pada tempat yang  semestinya .

( Sumber  : Forum Bersama  Kapribaden )

Rahayu,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...