Jumat, 05 Juli 2013

Era Pudhak Sinumpet


 Rahayu,.

Asmo Sabdo  di “ Era Pudhak Sinumpet “

Diartikan  zaman nya Romo Herucokro ( Bpk.Semono ) sudah tidak lagi memberikan langsung Asmo Sejati bagi seorang yang ingin laku Panca Gaib ( yang ingin laku panca gaib sudah ditutup ).
Diawali dengan Sabdo : Honocoroko , Sabdo Guyub rukun . Dalam waktu yang bersamaan kegiatan Romo Herucokro di Sejiwan , yang selalu diperhatikan oleh  masyarakat , tokoh politik  , karena mempunyai masa dan pengikut yang banyak dan sangat berpengaruh .  Putro Romo, mulai dibatasi kegiatanya , pelarangan peredaran kumpulan tanya jawab  : dalam buku panggugah kahanan manungso oleh Kejaksaan  Agung RI.
Sewaktu itu , Bpk Semono ( Romo Herucokro ) diminta untuk datang di Istana Kepresidenan tidak mau , maka dianggapnya membangkang , sehingga kegiatan nya diperketat ,  kegiatan Sejiwan dalam pengawasan militer waktu itu .  Sampai ditempelkan pengumuman larangan / ditutup untuk bertemu dengan Bpk Semono ( Romo Herucokro ). Romo tidak dipekenankan lagi penyebarkan kawruh Panca Gaib . Tidak boleh memberikan Asmo Sejati kepada pengikutnya . Sehingga dipastikan kegiatannya akan terhenti .

Dari sejarah kita dapat memberikan arti dan maknanya peristiwa tersebut.
Apa arti dan makna yang terkandung dalam peristiwa itu ?

Pertama-tama adalah keluarnya : Sabdo Asmo  :  Dawuh Rômô :  Iki jamane wis Pudhak Sinumpet Rômô wis ora dikeparengaké maringi Asmô marang putrô-putrô .
Pertanyaan Putro  : Lajeng kadôs pundhi Rômô menawi putrô nyuwun Asmô.
Jawab Rômô: Asmô kari loro , Asmô Satriya Sejati , Kônthô-rupô ,Kônthô-warnô ,  Asmô wanita Sejati , Kanthi rupi , Kanthi warni ( atur. Sesepuh yang sowan ).
Sejak itu Romo sudah tidak lagi memberikan Asmo langsung kepada seorang yang kepengin laku Panca Gaib. Namun demikian masih saja ada putro yang minta langsung kepada Romo.

Kedua adalah pelestarian wulang-wuruk Romo yaitu Panca Gaib , dengan Sabdo Asmo yang diberikan kepada Putro Romo .

Apakah karena tekanan pemerintah keluarnya Sabdo Asmo ?

Bukan karena tekanan pemerintah , atau takut pada penguasa militer , tetapi karena jaman baru , atau Era Pudhak Sinumpet , Sudah  kehendak Gusti Ingkang Moho Suci .  Sebab Bpk,Semono ( Romo Herucokro ) mempunyai keterbatasan usia layaknya manusia biasa .


Sudah barang tentu bukan semata  kehendak Gusti Ingkang Moho Suci , tetapi juga karena Panyuwun nya Putro , agar wulang-wuruk Panca Gaib tetap lestari .

Sewaktu Romo masing sugeng di Era Pudhak Sinumpet  , Putro yang sowan minta Asmo , Asmo yang diberikan  tidak ada yang lain , selain tersebut diatas .

Makna arti yang terkandung adalah : Romo sendiri saja sewaktu masih sugeng memberikan Asmo Sabdo . Apakah putro dibenarkan dapat memberikan Asmo selain Asmo Sabdo ?

Rahayu,.

2 komentar:

  1. Rahayu kadangku Herman Useno.
    saya agung alfarian kadhang dari daerah Bengkulu utara Kec. putrihijau. Sumatra
    Kalo menurut saya dari berbagai sumber dan gosok ginosok di daerah sini dan di luar daerah sumatra,, Apakah putro dibenarkan dapat memberikan Asmo selain asmo Sabdo? Asmô Satriya Sejati , Kônthô-rupô ,Kônthô-warnô , Asmô wanita Sejati , Kanthi rupi , Kanthi warni.... jawaban saya menurut pemahaman saya sendiri dan para kadhang di sini.. itu tidak di benarkan nak wes ono Sabdo seperti ini Asmô Satriya Sejati , Kônthô-rupô ,Kônthô-warnô , Asmô wanita Sejati , Kanthi rupi , Kanthi warni yang di Sabdo Romo. nak ora manut Asmo Niku berarti ya dudu asmo ne Seng di kei Romo... niku wes bedo jalur ... Bisa jadi malah Asmo ne niku di gawe Jin setan makluk ciptaane yang maha kuasa... Gusti Engkang Moho Suci.. Demikian menurut kadhang Bengkulu...kalo ada kesalahan ketik .. kata kata mohon di maafkan.. rahayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. rahayu
      niki alamat FB kulo agungalfarian@yahoo.co.id ben luweh penak tur gampang gosok ginosok :v saking FB mawon :v

      Hapus

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...