Sabtu, 20 September 2014

Laku memahami



Laku  memahami , teory dan praktek ,tumindak .


Proses penalaran manusia mulai dari bayi sampai dewasa menggunakan sebutan tersebut diatas . Hampir sama artinya beda maksudnya .

Laku bèrbudi bôwôleksônô  artinya berbuat lebih baik untuk dilaksanan . Laku Sabar , Narimô , Tresnô lan  Welas aséh . 

Laku disini belum dijalankan bisa dikatakan teory atau dipahami . Ada yang mengartikan laku sama dengan tumindak .

Tumindak ôpô whaé kudu mijél , tansah éléng lan waspôdô , artinya sedang  dijalankan bisa dikatakan praktek .   

Di forum bersama Kapribaden , kadhang yang tidak suka dengan perbedaan pendapat dalam istilah mengatakan dijalankan saja      ( wis dilakôni aé ora usah kakèhan teory )     
 Dilakôni yang artinya dijalankan atau tumindak .


Dalam penalaran pola pikir itulah yang benar pada tataran ilmu pengetahuan yang belum diadakan penelitian    ( belum diketahui )    Jadi Praktek dulu ( tumindak , dilakôni ) sehingga akan ditemukan teory . Dilakôni ( laku ) dulu kemudian akan ditemukan pemahaman .    

Dalam melakukan / tumindak Putro Romo harus mengutamakan rasa dan indera perasa . 
Misalnya contoh : Sebelum tahu bahwa api itu panas , maka harus dirasakan , dilihat dengan alat perasa sebelum di pegang, dengan tumindak éléng lan waspôdô

Laku Panca Gaib mengutamakan olah rasa , tidak  mengolah pakarti dengan teory , lebih cenderung untuk dipraktekan , dijalankan ( lakôni ) sehingga akan menemukan bukti , paseksèn , bukti nyata  . 

Rahayu














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...