Jumat, 30 Oktober 2015

Sirolah, Datolah Sifatolah


Mengartikan bahasa jawa .


Yang dimaksudkan Sér olah, Dat olah , dan Sifat olah .

Pernyataan  disampaikan bukan mengartikan bagian Kunci ( Panca Gaib ) tetapi lebih cenderung menjelaskan sederhana bahasa jawa nya.


Sér itu bahasa jawa nya péngén , sér makan artinya keinginan makan.

Olah artinya masak , olah-olah artinya  masak-memasak.                                                                 
Arti sebenarnya adalah dibuat sedemikian rupa supaya mempunyai kemanfaatan yang lebih.

Sér olah , adalah keinginan yang dipilih, dibuat sedemikian rupa supaya mempunyai kemanfaatan yang lebih baik.


Dat :  itu wujud benda hidup , bisa bergerak dan tak bergerak . Misalnya : hewan binatang , tumbuh-tumbuan , manusia . 
Kalau digabungkan dengan kata “ Olah , maka dimaksudkan adalah : Gerak benda tersebut digunakan sedemikian rupa mempunyai kemanfaat  yang lebih baik.

Kalau itu manusia maka , gerak , tingkah dan laku nya diupayakan mempunyai kemanfaatan bagi manusia itu sendiri , atau kemanfaatan makluk lainnya .


Sifat :  karakte yang dimiliki oleh benda , Misalnya Api mempunyai sifat atau karakter panas , dapat membakar benda-benda yang dilaluinya , angin , air , matahari dan lain sebagainya, mempunyai sifat yang berbeda .

Kalau dihubungan dengan manusia  Misalnya :  orang itu bersifat dermawan , orang itu bersifat kejam , rendah hati  dllnya, yang berhubungan dengan budi pakarti .


Sifat dihubungkan dengan olah , maka manusia tersebut memiliki budi-pakarti karakte/ sifat dan berupaya meningkatkan kemanfaatan, yang lebih baik, untuk dirinya atau berguna bagi makluk lainnya .  Sifat-sifat dimaksukan adalah sifat-sifat yang Maha, Sifat Tuhan YME, Gusti Ingkang Moho Suci 

Dapat diringkas :

Sér , Dat , Sifat , dihubungan dengan “ Olah dimaksudkan adalah : Keinginan , gerak/ tingkah laku  , budi pakarti yang melekat dimiliki , ditingkatkan kemanfaatannya untuk dirinya ( uripnya ) atau digunakan makluk lain .


Rahayu,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...