Sabtu, 29 Desember 2012

Laku Kasampurnan




Rahayu,.

Laku Kasampurnan  Manunggal Kinantenan Sarwo Mijil .

Laku manunggal Kinantenan Sarwo Mijil
Ada 2 sudut pandang dalam mengartikan Laku Manunggal Kinantenan Sarwo Mijil .

Pertama  : Dapat diartikan Laku Saresmi . Manunggalnya Bapa dan Ibu yang dapat diartikan Gelar Jagad Anyar. Menyatukan , mempertemukan Sperma dan Sel telur untuk membentuk kehidupan baru.

Kedua  :  Laku Manunggal adalah Menyatukan  manusia dengan pencipta nya , menyatukan manusia dengan Tuhan YME , Urip nya, Moho Suci , Atau Gusti Ingkang Moho Suci .
Kinantenan Sarwo Mijil , adalah upaya manusia untuk menyatu dengan Penciptanya dengan cara selalu Mijil..

Bagaimana laku Kasampurnan ?
Sebenarnya yang kita utamakan dan kita lakukan adalah  Laku Kasampurnan yaitu pada sudut pandang yang ke dua .

Mengapa demikian ?
Karena kita semua ini   menjalani Gelar Jagad Anyar , yang telah digelarkan oleh kedua orang tua . Sama hal nya kalau sekarang kita lakukan Gelar Jagad Anyar , maka yang menjalani  laku kasampurnan selanjutnya adalah anak keturunan kita.

Laku kasampurnan : konsepnya adalah kembalinya manusia ke asal-mulanya nya , ( asal dumadining  manungsa)  kebali kepada Sang Pencipta .

( Ana apa-apa Kunci ora ana apa-apa Kunci ) yang diartikan “  Selalu  bertidak  dengan Kunci dilanjutkan Asmo , kemudian Mijil “ , tanpa harus memperhatikan keadaan , situasi dan kondisi apapun .

Laku Kasampurnan dengan arti yang luas , adalah berbuat atau berkehendak atas restu dan ijin serta pentunjuk  Gusti Ingkang Moho Suci.

Kesimpulan  Laku Kasampurnan Kinantenan Sarwo Mijil  adalah Upaya menyatukan seorang manusia ( Putro Romo ) kepada Penciptanya , melalui Wulang wuruk Romo yaitu Kunci dengan cara selalu Mijil , untuk mencapai Laku Kasampurnan .

Rahayu,.



1 komentar:

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...