Kamis, 31 Oktober 2013

Karsanya Urip




Karsanya Urip disebut kemauan Moho Suci ?
Karepé menungsô urip , dudu Karepé Moho Suci.
(Harus bisa membedakan Urip Moho Suci dengan Keinginan Manusia Urip ( Hidup )
Urip disebut Moho Suci , kemauan manusia hidup itu sama kemauan Moho Suci  ?
Kalau beranggapan demikian maka , manusia akan semaunya ( sakarepé dhéwe ) dengan dasar kemauan uripnya  juga kemauan Moho Suci . ( Ajur , komen kd.Hadi -Samingin Edan ). Manusia jadi édan semuanya ?
Saya sampaikan bahwa , manusia hidup itu diberikan budi pakarti yang luhur, tentunya tidak akan terjadi perbuatan semaunya ( sakarepé dwéwé ).

Masih adakah putro yang demikian ?
Putro Romo harus dapat memilah karena diberikan Rasa oleh Urip , ( Urip dilungguhi Rôsô ). Jangan membenarkan kemauan sendiri , dengan berkilah yang sebetulnya salah .

Sebagai contoh misalnya :
Sepasang suami isteri Putro Romo . Suami berpendapat jangan kamu ingatkan saya menyenangi gadis lain yang cantik , karena itu kemauan urip .
Sebaliknya isteri juga berpendapat sama jangan kamu larang saya menyenangi priya yang gagah karena itu kemauan urip.
Kemauan urip siapa ?

Sedang urip itu tidak butuh apa-apa , tetapi manusia Urip (hidup ) itu butuh sarana untuk hidup.
Sebagai dasarnya pedoman Putro Romo adalah “ Kekudhangan Romo “

Urip disebut Moho Suci.
Moho Suci berkuasa untuk gerak , memiliki Rasa  , gerak dan rasa semuanya Suci.
Suci artinya murni tidak tercemar dan terkontaminasi.
Moho Suci mempunyai sifat kasih mengasihi , sayang menyayangi , cinta mencintai dengan kodratnya agar tentram dan tetap urip .
Urip selalu berupaya tetap urip dengan mengembangkan diri.
Cara mengembangkan diri makluk di jagad raya , dengan menyatukan rasa ( kalau itu manusia laku manunggal kinantenan sarwo mijil ) hewan tumbuh-an dan lainnya pada dasarnya sama cara mengembangkan diri dengan mempertemukan sel jantan dan betina, penyerbukan benangsari dan putiksari dsb.

Putro Romo harus bisa mengendalikan sifat kasih mengasihi , tresno welas asih , jangan sampai kebablasan mengorbankan rasa lainnya .
Seperti yang pernah dipostingkan  tresno welas asih kepada wanita cantik ,  akhirnya menjadi ingin memiliki ) Walaupun tugas wong urip ( orang hidup ) adalah untuk tetap urip , ketentraman dengan kodratnya mengembangkan diri , berbudi luhur , kasampurnan jangan dilupakan .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...