Sabtu, 01 Februari 2014

Laku Kasunyatan 1





Laku kasunyatan ( melihat kenyataan )
bagian : 1.
Melihat kenyataan adalah , menerima  obyek melalui indera mata , dengan bantuan olah pakarti sehingga dapat menyimpulkan kebenaran .
Kebenaran yang sudah dikaji dan di analisa oleh panca-indera bahwa yang dilihatnya benar  nyata. Ada kenyataan yang tidak bisa dikaji dan dianalisa oleh panca-indera , disebutnya Gaib .
Kita kesampingkan dulu apa yang disebut gaib , karena gaib kejadiannya dihubungkan dengan kekuasaan Gusti IMS / Tuhan YME.

Kunci , Asmo , Mijil ditambah Paweling dan Singkir  yang disebut dengan Panca Gaib adalah Kaweroh Kasunyatan ( Pengetahuan Kebenaran ) agak sulit untuk diberikan terjemahan yang baku dan pas .
Pengetahuan kebenaran bertitik beratkan pada kenyataan , yang bisa diterima oleh budi pakarti panca-indera manusia .

Sebagai contoh pernyataan  Laku Panca Gaib : 
Urép , dijelaskan Kuasanya gerak ( Obah) Urép dilungguhi Rôsô .
Benda yang bergerak dikatakan urép , sedang benda yang ( Urép ) itu mempunyai Rasa .( kecuali benda bergerak ciptaan manusia ).
Konsep urip sebagai sesembahan adalah melihat kenyataan.
Pakarti bisa mengatakan yang menggerakan manusia itu saya ( pakarti ).
Sebenarnya urép lah yang menggerakan karena budipakarti dan panca-indra ,kalau ditinggal urép maka budi-pakarti tidak bisa apa-apa.
Semakin jelas bahwa urip kuasanya obah ( gerak ).
Selain kuasa dalam obah ( gerak ) juga memiliki rasa .
Biarpun sebenarnya yang merasakan juga indera perasa , sama-halnya kalau ditinggalkan urép tidak bisa merasakan apa-apa ( konsep urip sebagai sesembahan )
Apa yang ada di jagad raya ini ada dan tiada dikarenakan  Urép .
Manusia mengucapkan sesembahan nya dengan sebutan Gusti yang ( Ingkang )……
Gusti yang Urép ,
Urép disebut Moho Suci.
Gusti yang urip , akan menjadi sebutan “ Gusti Ingkang Moho Suci “.
Kalau Anda sepaham bahwa Tuhan YME mengetahui segala sesuatu yang diperbuat manusia , maka apa yang disebut Tuhan tidak jauh dari kita .
Dengan demikian setiap manusia  yang laku kasunyatan dapat mengambil kesimpulan siapa Tuhan YME, Gusti IMS sebenarnya yang memiliki ,menguasai dan menggerakan semua kehidupan di jagad raya .

Rahayu./


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...