Mengendalikan Tri Tunggal : Bagan 2
Pangandikan Romo :
…….. Kae anane syah hyang
syiwa sumeleh ono ning kuping , amerga kuping kuwi tan ora
bisa tinutup kaya mata mau , kabeh suara sing mlebu mau
amerga gede angen-angene rumangsana wis becik akhire yen miturut pikire ora
nalar malah marahi amarah, minangka amarah iku iso dadi apik yen pas papane ora
di pas-pasne ing papan, rumangsane naga sasangka kae ora iso mati, nyatane
nekad gelem mertapa ning kawah candradimuka kobong sak awake nuruti bujukane si
lelana, selain pinter nalare uga kudu pinter numpaki amarah kanthi telaten lan
titi, ngono iku baru separo putro urung utuh
amerga iki sing marai para putro ajar titis den katon waskita, ….…….
( Catatan
Renungan kd. Arum Ono )
Dalam
bahasa Indonesia :
…….Sang
Hyang Syiwa , itu keberadaannya di
Indera Pendengar . Indera pendengar tidak bisa menutup sendiri seperti Indera mata . Semua suara
bisa masuk , sebab berisikan suara yang indah , keinginan yang muluk-muluk dan semuanya baik
, pada akhirnya kalau keinginan
tidak mungkin bisa diwujudkan , akan membuat emosional ( marah ) . Rasa emosional untuk mewujudkan keinginan itu baik asalkan ada kekesuaian
.
Dikira
Nagosasongko tidak bisa mati, dalam kenyataannya kalau mau masuk di Kawah Cadradimuko , bisa lebur karena
bujukan Si Lelono . Selain pinter bisa mengedalikan emosional dengan , Sabar dan Teliti dan Hati-hati , itu
dapat dikatakan , setengah Putro belum seutuhnya karena laku Titis putro masih
mengharapkan terwujud kawaskitan / ingin pintar .
Pemahaman
:
Baru
dapat dikatakan Setengah Putro , kalau
laku Putro dapat membatasi semua keinginan , menempatkan keinginan sesuai
dengan keadaan , bisa mengendalikan emosional atau amarah , dengan berbagai
upaya , Wasis atau pandai , laku Sabar , Hati-hati dan Teliti ( bersambug ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar