Sabtu, 22 September 2012

Pengendalian Tri Tunggal



Mengendalikan   Tri Tunggal : Bagan 2

Pangandikan  Romo :

 …….. Kae anane syah hyang syiwa sumeleh ono ning kuping , amerga kuping kuwi tan ora bisa tinutup kaya mata mau , kabeh suara sing mlebu mau amerga gede angen-angene rumangsana wis becik akhire yen miturut pikire ora nalar malah marahi amarah, minangka amarah iku iso dadi apik yen pas papane ora di pas-pasne ing papan, rumangsane naga sasangka kae ora iso mati, nyatane nekad gelem mertapa ning kawah candradimuka kobong sak awake nuruti bujukane si lelana, selain pinter nalare uga kudu pinter numpaki amarah kanthi telaten lan titi, ngono iku baru separo putro urung utuh amerga iki sing marai para putro ajar titis den katon waskita, ….…….                
 (  Catatan  Renungan kd. Arum Ono )


Dalam bahasa Indonesia :
…….Sang Hyang Syiwa , itu  keberadaannya di Indera Pendengar . Indera pendengar tidak bisa menutup  sendiri seperti Indera mata . Semua suara bisa masuk , sebab berisikan suara yang indah , keinginan yang muluk-muluk dan  semuanya baik  , pada akhirnya kalau keinginan  tidak mungkin bisa diwujudkan , akan membuat emosional ( marah ) . Rasa emosional untuk  mewujudkan keinginan itu baik asalkan ada kekesuaian .
Dikira Nagosasongko tidak bisa mati, dalam kenyataannya kalau mau  masuk di Kawah Cadradimuko , bisa lebur karena bujukan Si Lelono . Selain pinter bisa mengedalikan emosional  dengan , Sabar dan Teliti dan Hati-hati , itu dapat dikatakan  , setengah Putro  belum seutuhnya karena laku Titis putro masih mengharapkan  terwujud kawaskitan  / ingin pintar .

Pemahaman :
Baru dapat dikatakan Setengah Putro ,  kalau laku Putro dapat membatasi semua keinginan , menempatkan keinginan sesuai dengan keadaan , bisa mengendalikan emosional atau amarah , dengan berbagai upaya , Wasis atau pandai , laku Sabar , Hati-hati dan Teliti ( bersambug ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...