Sabtu, 09 Maret 2013

Guyub Rukun


 Rahayu

Persyaratan Guyub Rukun.

Sebelum menemukan persyarat untuk bisa guyub rukun ,diperlukan pemahaman besama lebih dahulu  apa Guyub rukun ?

“ Guyub rukun iku mlaku lembehan “  ( Guyub rukun ibarat berjalan dengan ayunan tangan )  Berjalan tanpa ayunan tangan berarti tidak Guyub rukun .
Berjalan adalah laku mempunyai tujuan yang hendak dicapai  .
Ayunan tangan adalah  penyeimbang , sehingga dalam berjalan terdapat keselarasan dan kenyamanan  .
Dalam berjalan tangan tidak mempedulikan kemana arah kaki .
Yang dikehendaki adalah agar dalam berjalan terdapat keselarasan , keseimbangan dan kenyamanan.
Sebagai penyeimbang, keselarasan dan kenyamanan , dimaksudkan disini adalah selalu mendukung , tanpa memikirkan tujuan yang hendak dicapai .
Kalau jalan kebetulan naik tangga , maka tangan tidak cukup lebehan saja , tetapi meningkatkan peran nya dengan memegang tangga agar tidak jatuh .

Jadi peran tangan sebagai pendukung tidak memikirkan apa yang terjadi kemudian nanti , yang penting membuat keselarasan, keseimbangan dan kenyamanan dalam berjalan.
Kenyamanan disini  diartikan rasa kebersamaan , kalau kaki lelah tangan ikut merasakan , sebaliknya kalau tangan sakit kakipun ikut merasakan.

Sedang tangan dan kaki berjalan diperintahkan oleh pakarti , tetapi pada dasarnya tetap tangan sebagai penyeimbang jalan nya kaki .

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan persyaratan  Guyub rukun adalah ;

1.     1.  Tidak memikirkan arah tujuan yang hendak dicapai tetapi menyerahkan sepenuhnya kepada keinginan bersama  asal tujuan nya adalah demi kebaikan.
2.      2. Tujuan yang hendak dicapai disesuaikan , dirumuskan bersama agar terjadi keseimbangan  , keselarasan , dan kenyamanan.
3.      3. Dalam merumuskan tujuan yang hendak dicapai , sebaiknya tidak memaksakan kehendak pendapat / kebenaran  pribadi atau kepentingan pribadi sehingga terjadi kesatuan .
4.      4. Diperlukan kearifan bagi semua untuk mengolah rasanya , mengorbankan kepentingan pribadi masing-masing agar bisa mengambil keputusan yang terbaik.
5.     5.  Keputusan  terbaik atau keinginan bersama menjadi kesatuan yang utuh ( bulat tidak terkotak-kotak ) rante-rinante , dapat diterima  dan dilaksanakan .

Rahayu,..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...