Senin, 23 April 2012



Rahayu,
 Aneh tapi Nyata

Dawuh / Pangandikan Rama
Rama yen wis bali menyang kasedan jati, Putra-putra  ora usah was sumelang , Rama bakal nyawiji menyang putra-putra kabeh .
“ Putra bisa kaya Rama nanging dudu Rama” lakune ngremet kaya semut ( atur kadhang sepuh Sutadji )

Entah karena dawuh / pangandikan tersebut kadhang Muda Taruna , Tumbuh Putro dengan sebutan Romo ………, Romo ……… kejadian tersebut setelah Romo kapundut .

Tumbuh Romo-Romo baru , yang dapat memberikan Asmo , dan lain-lain nya.
Kejadian ini memang nyata , dan terjadi di daerah – daerah .
Kadhang yang menerima Asmo  di dawuhi ( memberikan ) sanak dan saudara, teman , tetangga , dll. , maka diberikanlah Asmo itu kepada kadhang baru.
Walalupun sebenar nya Asmo tersebut sudah tidak bisa dipergunakan.

Ada seseorang yang laku , dan sekarang masih hidup , mengatakan bahwa dia sudah pernah laku manunggal  . Didalam laku mencari jati diri diberikan petunjuk supaya ke rumah kadhang dengan ciri dan gambaran dalam lakunya . Oleh sebab itu mereka datang ke rumah kadhang , mengatakan sebenarnya bahwa mereka ingin laku seperti yang dimiliki kadhang ( Laku Manunggal ).
Yang kemudian diberikan lah kunci , asmo dan di mijilkan.

Tidak lama berselang : bertanya dalam hati , Wong arep madep wae , kok dadak kudu , doprok , ngesod , dan nyembah , kaya nyembah Tuhan.
Karena tidak tahan bisikan hati , maka keluarlah mereka dan tidak lagi , menggunakan kunci , ( Laku Manunggal ) dan tidak lagi datang  menemui  kadhang yang memberi Kunci .

Itu semua diceritakan kepada kadhang dalam acara Sarasehan BKOK  .
Jawab saya : Itu semuanya tidak benar Saudaraku , dulu semasa masih Sugeng nya Romo Putro Romo kalau sowan memang demikian , tapi sebatas pada tatanan seorang bapak dan anak,
Itu bukan sikap manembah seperti menyembah Tuhan , melainkan Sungkem kepada Romo. Sikap yang tidak berlebihan , seperti biasa seorang putra kepada bapaknya, kalau itu dimaknai menyembah lebih enjoi  Sikapya abdi dalem kepada Rajanya

Ternyata terjadi ada kadhang : Seperti Romo tapi bukan Romo.
Ada ada saja ! bagaimana bisa ? :  “ Putro sungkem sama Putro “
Ha…ha….ternyata ada kadhang kita yang pernah disembah .
Aneh tapi nyata , pernah jadi kadhang , tetapi sekarang bukan kadhang .

Rahayu,......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngapu Rasa

 Bagi putro romo itu tidak ada pengampunan . Hukum nya :  Sebab dan Akibat. Tidak ada sepura dari Gusti IMS. Kalau berbuat benar dan baik ak...